Translate

Saturday 18 April 2020

Cara Mengetahui Baterai Divecom


Hi semua, kali ini saya ingin sharing mengenai indikator baterai pada dive computer atau sering disebut divecom. Dive computer ini digunakan kita pada saat menyelam/ diving, yang berfungsi untuk mengetahui kedalaman, suhu, waktu lama diving, waktu pada saat decompresi, dan juga pengaturan pada saat pakai nitrox.

Kali ini yang bisa saya sharing dive computer dengan merk sebagai berikut:

1. Suunto D6i Novo Zulu
 

     Divecom Suunto ini terdapat 4 tombol, Select, Mode, Down dan Up. Nah, Langkah-langkahnya sebagai berikut,
     Tekan tombol Down selama beberapa detik, kemudian setelah muncul General Setting, lalu tekan tombol up sampai ketemu pilihan Version, jika sudah ketemu tekan Select dan hasilnya seperti gambar dibawah

Setelah itu muncul tulisan Batt 3.0, Nah kalau ditempat saya 3.0 itu bukan angka yang menunjukan versi melainkan baterai divecom bahwa masih full. Angka full baterai di Suunto ini 3.0, dan baterai dinyatakan low batt jika diangka 2.7 atau 2.8

Selain itu juga, jika kita tekan tombol Mode 1x maka akan memasuki bagian dive, biasanya baterai jika mau lowbatt atau tinggal 50%nya akan terlihat gambar baterainya disitu masih 1/2 atau tinggal 1/4 lagi dari gambar full baterainya. Setelah itu pastikan check di versionnya (langkah2 diatas), tinggal 2.7 atau 2.8...? segeralah ganti baterai divecom anda di gerai tempat anda membeli divecom tersebut.
Setelah check dan mau kembali ke menu awal tinggal kalian tekan tombol Mode 2x.

2. Mares Smart


     Di divecom Mares Smart ini hanya ada 2 tombol, lebih simpel daripada Suunto yang diatas.
     Langkah-langkahnya sebagai berikut,
     Tekan tombol Atas sampai kemudian muncul pilihan Info, jika sudah ketemu tekan tombol Atas beberapa detik, lalu muncul seperti gambar dibawah ini.


Jika sudah ketemu dibagian ini, terlihat sudah indikator gambar baterainya.. maka dengan mudah kalian memastikan kapan baterai harus diganti. Tipe baterai yang digunakan CR2450

Jangan pernah ganti sendiri baterai divecom anda, sangat tidak disarankan. Takutnya akan air masuk kedalam divecom pada tekanan tertentu dan anda tidak bisa memastikan bahwa karet shield yang ada di dalam, masih dalam keadaan baik atau tidak.

Setidaknya baterai divecom bisa bertahan selama 1.5 tahun.

Baikah sekian dulu, sharing baterai 2 divecom yang saya miliki. Semoga bermanfaat buat para diver baik yang sudah paham jangan lupa di check2 lagi.. dan yang belum paham soal check baterainya bisa dicoba.


Check Price List of Diving

Thank you ... 😁✌️

No comments:

Post a Comment